Moedzt

Bersama belajar blog... bersama pasti bisa!!

SELAMAT DATANG Di BLOG ILmuctS Semoga Blog ini Bermanfaat Bagi Anda dan Terima Kasih Sudah Mau Mengunjungi Blog ini.. Salam Kenal.

menghitung sabnetting beserta softwarenya



Lagi bisa online lagi dari sekian lama tidak online heheh
Langsung saja bagi administrator jaringan atau yang berkecimpung di jaringan subneting sangat diperlukan dan harus tahu subneting itu apa?

Subnetting adalah proses memecah suatu  IP jaringan ke sub jaringan yang lebih kecil yang disebut "subnet." Setiap subnet deskripsi non-fisik (atau ID) untuk jaringan-sub fisik (biasanya jaringan beralih dari host yang mengandung satu  router -router dalam jaringan multi).

Terus Bagaimana mengitunglah Jumlah maksimum Host untuk Subnet Mask?
Untuk menghitung jumlah maksimum host untuk subnet mask, mengambil dua dan meningkatkan itu dengan jumlah bit yang dialokasikan untuk subnet (menghitung jumlah 0.s nilai subnet mask biner) dan kurangi dua. Anda harus kurangi dua dari nilai yang dihasilkan karena nilai pertama dalam kisaran alamat IP (semua 0s) disediakan untuk alamat jaringan, dan nilai terakhir dalam kisaran alamat IP (semua 1s) disediakan untuk alamat broadcast jaringan. Misalnya,  DSL jaringan biasa digunakan 8 bit untuk subnet mereka. Jumlah host diijinkan untuk suatu jaringan DSL dapat dihitung dengan rumus berikut: host max = (2 ^ 8) -2 = 254 host.

Ketika Anda subnet jaringan, jumlah bit diwakili oleh subnet mask akan berkurang. Anda mengurangi oktet dalam rangka mulai dari nilai paling kanan dan lanjutkan kiri saat Anda mencapai nilai nol. Topeng nilai turun sebesar kelipatan dari dua setiap kali Anda memisahkan jaringan ke dalam subnet yang lebih. Nilai adalah 255, 254 *, 252, 248, 240, 224, 224, 192, 128. Setiap penurunan menunjukkan bahwa sedikit tambahan telah dialokasikan. Setelah 128, bit berikutnya dialokasikan akan mengurangi oktet keempat ke 0, dan oktet ketiga akan mengikuti perkembangan yang sama 8-angka.

Sebagai contoh, subnet mask angka desimal bertitik dari 255.255.255.255 menunjukkan bahwa tidak ada bit telah dialokasikan dan jumlah maksimum host adalah 1 (0 ^ 1 = 1). Subnet mask 255.255.255.128 menunjukkan bahwa jumlah maksimal host adalah 128. Dan subnet mask 255.255.128.0 menunjukkan bahwa jumlah maksimum host 32.786.

* 254 bukan angka yang benar untuk oktet keempat karena tidak ada alamat yang tersedia untuk host. yaitu (2 ^ 1) -2 = 0.

Dari pada repot repot menghitung satu persatu mendingan gunakan software menghitung subneting saja.. anda bisa download disini
Tampilannya seperti ini




sudah bisa di print juga atau kalau pingin bilangan binnernya tinggal klik yang ada tulisannya netowork address itu di ip nya di klik akan muncul gambar seperti ini
mudah bukan dari pada repot repot menghitung tapi kalau pengen mudah lagi ya di hafalin aja biar enak jadi tambah ga repot terus hehehe

artikel terkait :
cara menghitung subnetting
tabel subneting
mencari pemecahan ip 
software ip subnetting
pengertian subneting
tabel lengkap subnetting




0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar yang membangun kalau kesusahan untuk verifikasi mohon maaf..

Laman

Tukaran BeNNeR

ILmucts

IP Kamu

IP

Berlangganan Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Waktu

Anda pengunjung ke

hit counter

Follow Me

LIKE THIS

Visitors

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...